Hasil diskusi kelompok 2, oleh
kelompok 4.
1.
Rahmi Nike Rosahin
A1B110035
Apakah ada hubungan antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?
A1B110035
Apakah ada hubungan antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?
Jawaban
Kelompok 4
- Menurut kelompok kami, tujuan intermedier dan tujuan pengajaran memang sangat berkaitan. Karena bila tidak terjadi masa intermedier maka tidak akan tercapai tujuan pengajaran. Semua itu runtut sesuai tahapan, dan tingkatannya. Apalagi tujuan intermedier berbeda dengan tujuan pengajaran maka terjadi ketimpangan dalam pembelajaran dan tidak berjalan selaras dengan baik.
- Muklis Dwi Putra
"Dengan menyadari dan memahami “siapa Dia”, ”mengapa dia diadakan kedunia ini”, dan “harus kemana nantinya”. Konsepsi seperti ini sangat penting sebagai landasan filosofis dan dasar motivasi untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar."
Saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas dari buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama Islam yang bahasannya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. yang berbunyi "Siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?", "hidup di dunia untuk apa?", dan "kemana ia setelah kehidupan ini?"
Pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsepsi yang kelompok kalian sampaikan?
Apakah ada kemungkinan kalau konsep itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?
Mohon penjelasannya kawan-kawan...
Jawab
1. Kelompok 4 kenapa
konsep tersebut sama dengan tujuan yang disampaikan kelompok 2. Jawabanya
adalah konsep merupakan hal yang mendasari dari berbagai hal. Dan termasuk
didalamnya konsep tauhid, yang sama dengan konsep pendidikan. Manusia merupakan
mahluk hidup, yang berasal dari Tuhan. Pendidikan dibuat oleh manusia untuk
meningkatkan tingkat pengajaranya. Berarti berasal dari konsep Tauhid yang
diteruskan kedalam konsep tujuan pendidikan. Dan kesemuanya merupakan tujuan
yang baik.
3.
Dessy Amelia
Di atas sudah kalian paparkan bahwa Tujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin membentuk manusia yang Pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan.
nah, yang ingin saya tanyakan
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?
Jawaban
Di atas sudah kalian paparkan bahwa Tujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin membentuk manusia yang Pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan.
nah, yang ingin saya tanyakan
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?
Jawaban
- Kelompok 4
Untuk pertanyaan
nomor satu, jawabannya adalah manusia pembangunan merupakan manusia yang mau
meningkatkan taraf hidupnya, manusia yang mampu beradaptasi dan membangun
keselarasan, Prosese beradaptasi manusia memang berbeda, manusia mengolah alam,
memberdayakan segala sesuatunya.
Untuk pertanyaan
yang kedua, menurut kami terdapat perbedaan.antara manusia pembangunan dengan
manusia Pancasila. Yaitu, manusia pembangunan belum tentu mempunyai sikap,
moral, etika dan terkadang hanya mementingkan diri manusia tersebut tanpa
memperhatikan hal disekitarnya seperti alam. Manusia yang berpancasila bukan
hanya dia merupakan manusia pembangunan namun memiliki jiwa Pancasila.
Pancasila merupakan dasar Negara yang didalamnya terdapat bagaimana pendahulu
kita memikirkan negara ini agar memiliki Ketuhanan YME, keadilan, persatuan, dll.
Jadi bukan hanya manusia yang mementingkan diri sendiri semata.
4.
Rina rahmawati
untuk mencapai tujuan akhir maupun tujuan intermedier., kira-kira menurut kelompok, apa sih yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan2 tersebut? lalu bagaimana cara mengatasinya, terimakasih.
untuk mencapai tujuan akhir maupun tujuan intermedier., kira-kira menurut kelompok, apa sih yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan2 tersebut? lalu bagaimana cara mengatasinya, terimakasih.
jawaban
- Kelompok 4
Pendidikan mempunyai kurikulum, yang didalamnya terdapat silabus, dan
silabus digunakan pendidik untuk membuat RPP. Elemen-elemen itulah yang
digunakan membantu dalam pencapaian tujuan Intermedier dan tujuan akhir.
5.
Maulida Astuti
Kalian menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat nasional. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional, tujuan pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional itu perlu?
jawaban
Kalian menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat nasional. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional, tujuan pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional itu perlu?
jawaban
- Kelompok 4
Sebenarnya
kesemuanya tersebut merupakan keinginan yang ingin dicapai Negara ini. Dan salah
satu cara yang digunakan adalah dengan diadakannya ujian nasional. Meski, ujian
nasional tidak dipungkiri didalam pelaksanaanya tidak selaras dengan harapan. Namun
sedikit membantu bagaimana pendidikan di Indonesia.
- Ahdiar Rahmat
A1B110011
Menurut kalian apakah sudah sepenuhnya tujuan akhir tersebut tercapai? Berikan alasan penguatnya.
Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?
Jawaban
- Kelompok 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar