Kamis, 14 Maret 2013

Hasil diskusi kelompok 2 IBM oleh kelompok 4

Hasil diskusi kelompok 2, oleh kelompok 4.
1.      Rahmi Nike Rosahin
A1B110035

Apakah ada hubungan antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?

            Jawaban
Kelompok 4
    1. Menurut kelompok kami, tujuan intermedier dan tujuan pengajaran memang sangat berkaitan. Karena bila tidak terjadi masa intermedier maka tidak akan tercapai tujuan pengajaran. Semua itu runtut sesuai tahapan, dan tingkatannya. Apalagi tujuan intermedier berbeda dengan tujuan pengajaran maka terjadi ketimpangan dalam pembelajaran dan tidak berjalan selaras dengan baik.

  1. Muklis Dwi Putra

    "Dengan menyadari dan memahami “siapa Dia”, ”mengapa dia diadakan kedunia ini”, dan “harus kemana nantinya”. Konsepsi seperti ini sangat penting sebagai landasan filosofis dan dasar motivasi untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar."

    Saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas dari buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama Islam yang bahasannya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. yang berbunyi "Siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?", "hidup di dunia untuk apa?", dan "kemana ia setelah kehidupan ini?"

    Pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsepsi yang kelompok kalian sampaikan?

    Apakah ada kemungkinan kalau konsep itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?

    Mohon penjelasannya kawan-kawan...

    Jawab
1.  Kelompok 4                                                                                                          kenapa konsep tersebut sama dengan tujuan yang disampaikan kelompok 2. Jawabanya adalah konsep merupakan hal yang mendasari dari berbagai hal. Dan termasuk didalamnya konsep tauhid, yang sama dengan konsep pendidikan. Manusia merupakan mahluk hidup, yang berasal dari Tuhan. Pendidikan dibuat oleh manusia untuk meningkatkan tingkat pengajaranya. Berarti berasal dari konsep Tauhid yang diteruskan kedalam konsep tujuan pendidikan. Dan kesemuanya merupakan tujuan yang baik.
3.      Dessy Amelia


Di atas sudah kalian paparkan bahwa Tujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin membentuk manusia yang Pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan.
nah, yang ingin saya tanyakan
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?

Jawaban

    1. Kelompok 4         
Untuk pertanyaan nomor satu, jawabannya adalah manusia pembangunan merupakan manusia yang mau meningkatkan taraf hidupnya, manusia yang mampu beradaptasi dan membangun keselarasan, Prosese beradaptasi manusia memang berbeda, manusia mengolah alam, memberdayakan segala sesuatunya.
Untuk pertanyaan yang kedua, menurut kami terdapat perbedaan.antara manusia pembangunan dengan manusia Pancasila. Yaitu, manusia pembangunan belum tentu mempunyai sikap, moral, etika dan terkadang hanya mementingkan diri manusia tersebut tanpa memperhatikan hal disekitarnya seperti alam. Manusia yang berpancasila bukan hanya dia merupakan manusia pembangunan namun memiliki jiwa Pancasila. Pancasila merupakan dasar Negara yang didalamnya terdapat bagaimana pendahulu kita memikirkan negara ini agar memiliki Ketuhanan YME, keadilan, persatuan, dll. Jadi bukan hanya manusia yang mementingkan diri sendiri semata.

4.      Rina rahmawati

untuk mencapai tujuan akhir maupun tujuan intermedier., kira-kira menurut kelompok, apa sih yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan2 tersebut? lalu bagaimana cara mengatasinya, terimakasih.

jawaban
    1. Kelompok 4
Pendidikan mempunyai kurikulum, yang didalamnya terdapat silabus, dan silabus digunakan pendidik untuk membuat RPP. Elemen-elemen itulah yang digunakan membantu dalam pencapaian tujuan Intermedier dan tujuan akhir.

5.      Maulida Astuti


Kalian menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat nasional. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional, tujuan pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional itu perlu?

jawaban

    1. Kelompok 4
Sebenarnya kesemuanya tersebut merupakan keinginan yang ingin dicapai Negara ini. Dan salah satu cara yang digunakan adalah dengan diadakannya ujian nasional. Meski, ujian nasional tidak dipungkiri didalam pelaksanaanya tidak selaras dengan harapan. Namun sedikit membantu bagaimana pendidikan di Indonesia.

  1. Ahdiar Rahmat
    A1B110011

    Menurut kalian apakah sudah sepenuhnya tujuan akhir tersebut tercapai? Berikan alasan penguatnya.
    Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?
Jawaban  
    1. Kelompok 4
memang tidak sepenuhnya tujuan akhir tercapai, kenapa ? alasanya adalah terdapat banyak kekurangan. Faktor penguatnya tidak semua anak memiliki hak pendidikan, sekalipun dia bersekolah tidak kesemuanya mendapatkan fasilitas yang memadai, sekalipun dia bersekolah dan mendapatkan fasilitas yang memadai tidak bisa dipastikan dia akan seratus persen belajar dengan baik, dan bisa saja melakukan kecurangan saat ujian, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar