Kamis, 25 April 2013

Tanggapan Kelompok 4

1.  Kemampuan profesional adalah kemampuan yang berkaitan dengan tugas-tugas guru sebagai pembimbing, pendidik, dan pengajar, seperti  memberikan ilmu, menilai, mengawas, panutan dan tidak boleh mencampurkan masalah di luar dengan pekerjaan.
Contohnya guru harus menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran.

Kapasitas intelektual adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas mental - berfikir, menalar dan memecahkan masalah.
Contohnya guru juga harus menguasai bahan yang diajarkan kepada murid.

Memiliki sifat edukasi sosial adalah kemampuan bersikap dan berakhlak baik Contohnya guru harus punya akhlak yang baik bagi muridnya.


2.     Tim sukses untuk ujian tidak selalu negatif yang berhubungan dengan bocoran kunci jawaban UAN seperti yang selama ini kita ketahui. Setiap sekolah memang ada tim sukses dalam hal positif ini seperti pengadaan les tambahan di sore hari. Tim suskses ini secara terang – terangan menyebut diri mereka sebagai tim sukses ujian. Namun, ada tim sukses “Negatif” yaitu oknum guru tertentu yang menghalalkan berbagai cara agar semua peserta ujian dapat lulus dengan baik. Dalam hal ini yang harus dibenahi adalah semuanya, baik kesiapan dan kepercayaan diri siswa dalam menghadapai UAN, kepercayaan guru terhadap kemampaun peserta, pasilitas yang akan menunjang siswa belajar, dan yang paling penting adalah penjagaan ketat dari pemerintah dan pihak – pihak lainnya agar soal maupun kunci jawaban tidak bocor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar